24/04/2018 Hyndia News

Tunjukkan Bentuk Pertanggungjawaban sebagai Pelaku Seni, Ujung Kuku Luncurkan Album Perdana

PURWOKERTO, hyndiamusic.com – Band Indie asal Purwokerto, Ujung Kuku secara resmi merilis album perdana sekaligus album debut yang berjudul “Bingkai Nusantara”.

Peluncuran album tersebut kemudian ditandai dengan sebuah ceremony melalui penyelenggaraan Pagelaran Seni dan Budaya ‘Bingkai Nusantara’ pada ( 15/3 ) di Pelataran FISIP Unsoed.

Band yang dinahkodai oleh Sendy Noviko, pria asal Jakarta yang merupakan pegiat seni musik dan tarik suara yang juga bekerja sebagai dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNSOED tersebut berusaha untuk menuangkan pemikiran, keresahan, kegundahan, serta gagasannya terkait isu kemanusiaan dan lingkungan dalam sembilan lagu yang kemudian dikompilasi menjadi sebuah album.

“Album ini merupakan bentuk dari pertanggungjawaban kami sebagai pegiat seni. Lirik yang tertuang dalam lagu-lagu diharapkan mampu menceritakan keresahan khususnya dalam isu-isu yang sering kita dengar di Indonesia. Bukan bermaksud untuk menggurui siapapun.” Kata Ratna Wulandari, istri yang juga merangkap sebagai manager dari Ujung Kuku Official saat diwawancarai pada (4/4).

Penyusunan album ini tidak membutuhkan waktu yang singkat. Manajemen RKM menuturkan bahwa perekaman dimulai sejak bulan Mei 2017. Serangkaian proses mulai dari pengumpulan materi, proses perekaman, promosi album, hingga perilisan album memiliki cerita tersendiri yang dimana terdapat banyak pihak yang juga andil didalamnya.

“Terima kasih kepada Allah SWT, keluarga, teman-teman dan para seniman serta musisi di Banyumas Raya yang telah memberikan support dalam bentuk moril maupun materil selama proses penyusunan album kami. Sekali lagi matur tengkyu.” Tutur Ujung Kuku dalam sekapur sirih yang dituliskan di cover album perdananya.

Kabarnya, judul album ‘Bingkai Nusantara’ ini diangkat dari satu lagu utama diantara sembilan lagu yang terdapat di album tersebut. Delapan lagu lainnya yang melengkapi keapikan album tersebut yakni Sketsa Hidup, Penari Kecil, Ayo Kawan, Anjing Galak, Renungan Pagi, Manusia Pasti Bisa, Kosong, dan Bingkai Nusantara ( acoustic version ).

Dengan karakteristik suara yang menyerupai Iwan Fals, vokalis Ujung Kuku ( Sendy ) dalam lagu “Bingkai Nusantara” menyampaikan pesan moral tentang keberagaman di Indonesia yang dituangkan dalam lirik dan alunan lagu.

Perbedaan dan keragaman menjadi sebuah kekayaan yang harus disyukuri. Hal itu kemudian jangan dijadikan sebagai boomerang pemicu perpecahan, justru dijadikan sebagai alat untuk merekatkan masyarakat Indonesia. ( ADP )

Foto : Rizky Nurrahman

BAGIKAN
X