12/05/2018 Hyndia News

Disc Jokey Lokal Rasa Internasional

PURWOKERTO, hyndiamusic.com – Disc Jockey atau kerap kita sebut dengan DJ merupakan salah satu profesi yang berkecimpung dalam dunia musik khususnya electronic dance music.

“Deejay” begitu biasa disebutnya, merupakan profesi dimana seseorang mampu memilih sebuah lagu untuk dimainkan kembali dengan sedikit gubahan didalamnya sehingga terciptanya nuansa yang baru dalam lagu tersebut.

Di Indonesia sendiri profesi ini sudah bukan menjadi profesi yang baru dikalangan masyarakat. Profesi ini sudah banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia. Indonesia bahkan telah memiliki DJ yang namanya cukup terkenal dalam belantara permusikan. Mereka adalah Putri Una, Dipha Barus, Al Ghazali, Fahria Yasmin, dan masih banyak lagi.

Purwokerto yang biasa dikenal sebagai Bumi Satria juga punya DJ Lokal yang tentunya gak kalah keren loh Hyndiana! Penasaran? Yuk simak dibawah ini…

  1. TRAXIID

Foto : TRAXIID.

Saiful Azhar akrab disapa DJ Traxiid saat di panggung, merupakan salah satu DJ Purwokerto. Pria yang masih duduk dibangku kuliah semester 4 tersebut mulai menggeluti dunia disc jockey sejak oktober 2017.

Selain menjadi DJ, dia juga mulai aktif dalam menciptakan musik atau bisa kita sebut sebagai produser. Baru-baru ini, ia mengeluarkan karya pertamanya berjudul “Bipolar” yang direlease di Local Troops, sebuah label musik di Jakarta.

Memilih terjun dalam electronic dance music tidak membuat Traxiid melupakan musik lokal. Karya-karyanya tidak hanya sebatas lagu barat saja, namun juga lagu nasional maupun lokal. Salah satu karyanya, ia memadukan musik lokal berjudul “Ditepian Sungai Serayu” dengan nuansa EDM agar lebih unik terdengar.

Saat diwawancarai pada (16/4), Traxiid mengungkapkan bahwa menjadi DJ berarti harus lebih peka terhadap keadaan sekitar dan belajar memahami suasana audience agar dapat membawakan musik yang sesuai dengan mood. Ia juga mengungkapkan alasan memilih profesi ini yaitu untuk menyalurkan minat dan hobby serta bersenang-senang.

  1. Naya Larissa

Foto : instagram.com/dj_nayalarissa

Nama Naya Larissa sudah tidak asing terdengar di telinga masyarakat Banyumas, khususnya Purwokerto. Wanita ini merupakan salah satu DJ yang cukup terkenal di Purwokerto.

Perempuan dengan paras cantik yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Hukum ini membawakan musik DJ dengan berbagai genre, sehingga para pendengar tidak merasa bosan acap kali menyaksikan pementasannya dari gigs ke gigs.

Dalam karir, ia memiliki jadwal yang cukup sibuk untuk mengisi dari panggung ke panggung di Purwokerto maupun luar kota. Ia juga sempat menjadi resident “Cheers Club Purwokerto”.

Hobby dan lingkungan yang mendukung menjadi alasan bagi perempuan ini untuk tetap konsisten dalam dunia DJ sejak dua tahun belakangan ini.

  1. Saint Liberica

Foto : Saint Liberica

Berbeda dengan TRAXIID dan Naya yang meniti karir secara single, Saint Liberica merupakan perpaduan DJ Raka Kuno dan Saxophonist Ilham Aziz.

Liberica merupakan salah satu jenis kopi yang anti-mainstream dikalangan market kopi. Saint sendiri berarti orang suci. Nama Saint Liberica kemudian dipilih karena Raka dan Ilham memiliki hobi yang sama yaitu menikmati kopi.

Kolaborasi antara musik yang terbilang memiliki beat yang cepat dan alunan saxphone yang slow menjadikan  sebuah karakterisik unik tersendiri bagi Saint Liberica.

Raka sendiri memilih untuk menjadi DJ karena memiliki minat dalam musik, tetapi ia tidak dapat memainkan alat musik. Sehingga ia kemudian memilih disc jokey sebagai alternatif untuk menyalurkan minatnya tersebut. Berbeda dengan Ilham yang memang telah memiliki bakat dalam memainkan alat musik tiup tersebut.

Saat ditanya mengenai karya, Raka menyampaikan sedang dalam tahap produksi, namun belum dapat menyebutkan dengan pasti tanggal perilisan karya mereka.

“Kami ingin menghasilkan karya dengan kualitas yang baik. Sehingga kita berusaha mengerjakan secara detail dan berhati-hati. Doakan agar karya kami dapat segera diselesaikan”. Tutur Raka (17/4). – ADP.

BAGIKAN
X